Ads 468x60px

Sabtu, 28 Juni 2014

Cara Menggunakan Efek Gitar Gear Box line6


Cara merekam di komputer menggunakan effect Line6 POD XT, POD XT LIVE, POD X3 dan POD X3 Live sebagai soundcard.

Artikel ini saya tulis dengan maksud berbagi pengetahuan dengan gitaris-gitaris yang memiliki produk effect Line6 POD XT, POD XT Live, POD X3 dan POD X3 Live. 
Jika anda gitaris, dan anda memiliki salah satu effect yang saya tulis diatas, yang mungkin sering anda gunakan untuk main gitar baik latihan maupun live. Saya ingin memberi tahu anda bahwa anda bisa menggunakan effect diatas untuk rekaman, artinya, buat yang belum tau, ini kabar bagus, karena anda bisa menggunakan effect diatas untuk dijadikan soundcard.
Artinya jika anda ingin merekam karya anda, dan anda mempunyai komputer, punya software DAW semacam Nuendo, Cubase, Sonar dll, anda bisa menggunakan effect diatas untuk digunakan sebagai soundcard dengan cara menghubungkannya via USB
Untuk lebih singkatnya caranya begini.
-      Belilah kabel USB yang bisa menghubungkan effect anda ke komputer anda (ini mudah karena kabelnya cuma kabel USB biasa yang banyak dijual di pasaran.
-       Jangan hubungkan effect dengan komputer dulu.
-      Download Line6 Gearbox atau Line6 POD Farm di tengah halaman ada dropdown menu bertuliskan “Software”, klik gambar panah yang ada di sampingnya lalu pilih Gearbox atau POD Farm, lalu klik “Go”. Kalau udah ketemu, langsung aja download. (Disini ada kemungkinan anda akan disuruh mendaftarkan effect anda ke Line6, kalau disuruh mendaftar, langsung aja daftarin effect yang anda punya sekalian bikin account Line6, anda akan mandapatkan beberapa manfaat seperti free update dll, dan update selalu gratis)

-         Install software yang telah didownload
-   Saat install, jika anda disuruh memasang kabel USB, pasangkan kabel USBnya, dan teruskan menginstall, jika ada tulisan peringatan dari Windows yang mengatakan sesuatu, klik aja continue anyway
-      Selesai menginstall
-      Lalu hubungkan output dari effect ke power-amp atau speaker aktif yang biasanya anda gunakan
-     Nyalakan effect dan komputer, buka software Gearbox/POD Farm, coba bunyikan gitar anda, seharusnya jika anda menginstall dengan benar, saat ini gitar anda seharusnya sudah berbunyi dan bisa disetting di Gearbox/POD Farm.
-    Jika gitar dan software sudah menyala, maka lanjutkan dengan menyeting DAW anda (Nuendo, Cubase, Sonar, Dll)
-   Sebagai contoh, jika anda menggunakan Nuendo 3 seperti saya, cara menyetingnya adalah: klik menu “device” lalu klik di pilihan paling bawah “device setup” seperti gambar dibawah ini.
Lalu setelah keluar window menunya, klik pilihan soundcard dibawah tulisan VST Audiobay, klik gambaw panah disamping tulisan Master Audio Driver, di gambar contoh tulisannya ASIO Multimedia Driver, ganti dengan pilihan nama effect anda yang seharusnya sudah muncul disitu, misalnya ASIO POD XT Live.
-        Klik “Apply”, klik “Close”
-    Jika anda menggunakan Cubase, cara menyetingnya hampir sama, karena sesama produk Steinberg. Kalau anda menggunakan software lain seperti Pro Tools, Logic, Sonar, Ableton Live, Acid dll, silakan dicari sendiri cara settingnya.
-     Pada saat ini, seandainya anda berhasil menginstall dengan benar, seharusnya anda sudah bisa merekam ke software DAW anda melalui soundcard effect anda.
-        Jika ada pertanyaan atau kesulitan, silakan langsung ditanyakan disini.

Selamat merekam semoga bermanfaat Ya Sob...!!!

Tidak ada komentar:

 
 
Blogger Templates